Pernah mengalami Sore Nipple saat menyusui pertama kali? Berdarah? Cracking? Lecet? Tenang, itu semua dialami semua ibu yang baru saja melahirkan dan menyusui pertama kali. Istilahnya kalau di dunia otomotif, mesinnya harus di ‘breaking’ dulu biar lancar. Dari hari pertama melahirkan nipple saya lecet sampai koreng berdarah, bergantian kanan kiri, mungkin karena saya mati-matian berusaha produksi ASI dengan pumping setiap 2 jam sekali, atau mungkin juga karena anak saya gregetan pas breastfeeding jadi sampai luka.

ki-ka : bepanthen, lansinoh, minyak kelapa homemade


Lets review soother untuk sore nipple yang sudah pernah saya coba untuk membantu meredakan sakitnya. Ini yang saya pakai :


💊 Bepanthen : ini pertama kali diresepkan sama obgyn, karena dari hari pertama lahiran nipple kanan lecet berdarah sampe koreng. Pengaruhnya hampir ga ada, merasa better sedikiiiiit banget setelah semingguan dipakaikan rutin. Cons-nya: Setelah dioles, nipples harus dicuci dulu sebelum latch on, jadi lumayan ribet ya kalau anak sudah jerit-jerit nangis kelaparan. Teksturnya putih creamy seperti saleb pada umumnya.

💊 Medela Purelan : ini cream dikasih sama teman buat coba, karena Bepanthen ga pengaruh di saya sedangkan saya harus produksi ASI dengan cepat. Konon katanya ini saleb high demand banget. Cons-nya : agak susah dibersihkan hanya dengan air, harus agak dilap dengan handuk, karena lengket. Tapi sebenarnya nipples ga perlu dibersihkan setelah pakai cream ini juga gak apa-apa, karena kandungannya 100% lanolin dimana katanya aman jika tertelan bayi. Tapi serem juga ya yang namanya bahan seperti itu masuk ke tubuh bayi baru lahir. Teksturnya lebih lengket dari bepanthen, seperti wax

💊 lansinoh : ini salep baru mulai dipakai saat Sammy usia sebulan lebih karena baru dapat barangnya (susah banget carinya) dan karena ada insiden Sammy gigit nipple kanan saya smbil ditarik (entah kenapa Sammy musuhan banget sama nipple kanan) alhasil langsung berdarah. Terus di sekitar aerola juga sore gitu karena keseringan gesekan dengan corong breastpump. Setelah dipakein ini ajaibnya pas next pumping sudah ga sore walaupun abis pumping ya sore lagi. Menurut saya ini yang paling cepat efeknya. Cons-nya : hampir mirip dengan medela purelan, susah dibersihkan karena lengket. Kandungannya 100% lanolin, jadi aman kalau tertelan bayi, tapi tetap saja saya selalu bersihkan nipples saya sebelum dan sesudah breastfeeding/pumping. Teksturnya lengket-lengket pekat banget, warna transparant.

💊 Minyak kelapa homemade : Nah ini somehow tokcer banget. Perpaduan ini dengan ASI dioles di nipple dan aerola setiap habis latch on dan pumping, benar-benar bikin nipples jadi moist banget. Cons-nya, karena ini minyak, jadi setiap mau latch on or pumping harus dicuci pakai sabun berkali-kali di wastafel, lalu dibilas. Sangat ga efisien waktu buat Sammy yang bisa teriak-teriak kalau saya kelamaan siapin nen 😅Teksturnya encer minyak bening, wangi rendang.

Basically ada banyak obat untuk meredakan sakitnya nipples saat breastfeeding, saya sendiri cuma coba 4 items ini, karena kondisi nipple setelah 3 bulan sudah baal, kasarnya udah kayak amplas 😛 ya sudah lah ya, demi anak. Saya akan bahas masalah umum yang dialami ibu baru saat menyusui. Stay tune!

 

Cheers,

Mommy Sammy