Konnichiwa! Field report Mommy Sammy untuk Japan Trip day 2 dapat disimak dibawah ini. Hari ini kami akan full day di Tokyo Disneysea. Nah, di Jepang ada 2 disney park ya : Tokyo disneyland dan Tokyo disneysea. Disneysea ini sebenarnya permainannya lebih ditujukan untuk dewasa, sedangkan disneyland lebih untuk anak-anak. Disneyland ini sama seperti disney park dibelahan dunia lain seperti di Orlando (USA), Hongkong, dan Paris (Perancis). Untuk kalian yang mau berfoto didepan iconic castle disney, ya berarti harus ke disneyland, karena tidak ada di disneysea. Disneysea pun juga menggoda untuk dikunjungi karena hanya ada satu disney park dengan tema yang outstanding dan atmosfir yang unik, serasa bukan berada di Jepang. In my honest opinion, Tokyo Disneysea is the best disney park I have ever been, bahkan setelah saya mengunjungi the largest disney park in the world yaitu Walt Disney World orlando, florida.

Tokyo Disneysea terbagi menjadi 5 area : Mediterranean Harbor, American Water Front, Mysterious Islands, Lost River Delta, and Port Discovery. Lalu diluar itu, masih ada 2 tambahan area lagi : the Arabian Coast, and Mermaid Lagoon. Nah, favorit saya ini di Mermaid Lagoon. Sekarang saya mau jelaskan 5 alasan kenapa Tokyo Disneysea adalah disney park favorit saya :

  1. Tema dan desain arsitektur yang spesial
    Trust me, talking about tema dan desain, disneysea takes it to another level. Bahkan sampai bentuk cart penjual makanan pun dibuat blend-in (menyatu) dengan tema area, bukan cuma gerobak biasa. Desain tema per area pun dibuat ‘niat banget’, jadi terasa sekali ‘feel’ dan perbedaannya saat kita pindah dari satu area ke area lain
  2. Sistem Fast Pass yang tidak ribet
    Fast Pass adalah tiket cepat untuk masuk ke antrian tanpa mengantri panjang (walaupun tetap antri sesama pemegang fastpass). Sistem FP disini berbeda dengan di WDW Orlando, masih menggunakan mesin yang mengeluarkan tiket, dimana di WDW Orlando sudah menggunakan aplikasi disney experience. Tapi, yang menguntungkan disini, kita tidak perlu menunggu menghabiskan 3 fast pass pertama yang kita dapatkan (dimana WDW Orlando menerapkan aturan 3 fast pass pertama harus habis baru boleh ambil fast pass berikutnya), jadi patokannya kita bisa mengambil next fast pass sesuai jam yang tertera di tiket fastpass kita.
    Contoh dibawah ini :
    Pertama kali masuk disneysea jam 7 pagi, kami langsung mencari mesin tiket fastpass yang biasa ada didepan atraksinya. Saya dapat fast pass untuk ride tower of terror itu jam 12:25-13:25, yang berarti itu time frame untuk kita bisa masuk ke ride. Nah, di bawah time frame ada tulisan ‘your next fast pass will be available after 10:35’, ini berarti walaupun kita belum naik ride tower of terror, asal jam sudah menunjukkan lewat 10:35, kita sudah bisa hunting fast pass untuk atraksi lain. Oh ya, kita bisa memilih time frame untuk main, tapi sebaiknya diatur sebaik mungkin supaya bisa mengambil fast pass ditempat lain.
  3. Souvenir yang dijual lucu-lucu
    Sudah umum ya kalau kita pergi ke theme park, pasti kita mencari souvenir lucu-lucu entah itu pen, gantungan kunci, boneka, dan lainnya. Trust me, Tokyo Disneysea ini menjual soouvenir yang super amat sangat lucu, again bahkan WDW Orlando yang claiming to be the largest disney parks in the world pun kalah dalam hal ini. Pegang erat-erat dompet, karena kalian bakal kalap!
  4. Snack yang dijual pun bentuknya unik-unik
    Saya mencoba hampir semua snack yang dijual di cart food disana dan oh my god, it’s super kawaii!! BUT, saran saya, ga perlu semua dicoba seperti saya, karena rasanya sama semua, campuran daging (bisa pilih mau pork atau chicken/shrimp) dan jahe yang banyak. Karena saya ga suka jahe, jadi snacknya ga pernah saya habiskan. Harganya juga relatif mahal ya (anyway, apa sih yang ga mahal di jepang >.<). 3 snacks ini yang antriannya agak ga normal tapi salah satu wajib coba. Sisanya snack-snack lain standard ya seperti flavored beer (minuman beralkohol hanya ada di disneysea), turkey leg, popcorn, soft serve ice cream.

    Donald Duck Life Preserver, isinya shrimp dan grated ginger
    Chandu Tail, isinya steamed chicken dan grated ginger

    Mysterious Island Gyoza Dog, isinya chicken dan grated ginger
  5. Cast members yang super friendly
    Nah ini sudah sangat terkenal ya di penjuru dunia kalau orang Jepang ini ramah dan baik banget. Cast member (park crews) disini pun benar-benar friendly banget. Bahkan sampai ke cleaning servicenya pun helpful sekali. Walaupun mungkin beberapa dari mereka ga bisa bahasa inggris, tapi mereka dengan segala cara akan berusaha membantu kalian. Senyum pun ga pernah lepas dari wajah mereka.

Nah, sekarang talking about atraksi apa saja yang WAJIB kamu coba, tapi saya ga akan kasih spoiler ya biar kalian penasaran dan coba sendiri 😀 :

  1. Journey to the center of the earth (10/10)
  2. 20,000 Leagues Under the Sea (8/10)
  3. Tower of Terror (10/10)
  4. Indiana Jones Adventure: Temple of the Crystal Skull (10/10)
  5. Raging Spirits (9/10)

Sisanya menurut saya bagus tapi ga sampai jaw-dropping, seperti : aquatopia, toy story mania, fortress explorations.

Last but not least, 5 tips dari Mommy Sammy kalau kalian ga mau rugi exploring Tokyo Disneysea :

  1. Datang 1 jam sebelum park buka
    Why? Percayalah, 80% yang main disana itu justru orang-orang Jepang. Mereka NIAT BANGET sampai pakai kostum-kostum (termasuk remaja-remaja cowok), dan segala atribut aksesoris disney. Mereka pun kiasu banget dalam hal main, jadi ga heran saat saya masuk park pertama kali, saya dapat fast pass pertama saya pun sudah menjelang siang (karena mungkin sudah habis oleh mereka yang sering kesini). Nah, kalau sudah datang pagi dan sudah bisa melewati pintu masuk, saran saya LARI. Yes, you read it right, RUN, like you RUN for your life. Awalnya saya ga percaya saat teman saya sarankan seperti ini, tapi ternyata disana semua orang LARI untuk mengejar fast pass. SO, jangan kalah set!

    Ini antrian jam 6 pagi
  2. Beli tiket disneysea online
    Tiket Tokyo disneysea dijual online kok. Untuk menghemat waktu kalian disana, beli lah online, karena antriannya disana lumayan ‘gila’. Kalau kalian beli online, nanti akan ada e-ticket berupa print-an dengan barcode. Nah ini akan ditukar jadi tiket disney nanti di pintu masuk.
  3. Titipkan barang di locker
    Disneysea ini LUAS SEKALI, jadi kalau kalian pergi berdua atau bertiga, kalau bisa jadikan satu saja barangnya di satu ransel, dan nanti bawa bergantian. Karena kalian akan kelelahan lebih cepat kalau sambil bawa ransel. Sistem locker ini, kamu masukkan barang ke locker, masukkan uang, lalu ambil kuncinya. Kalau kalian sudah buka locker itu, kalau mau kunci lagi harus masukkan koin lagi.
  4. Bawa payung (atau beli topi lucu disana) dan bawa botol air
    Kami pergi ke Tokyo Disneysea ini saat musim semi dimana perkiraan cuaca seharusnya tidak hujan. Tapi mungkin karena letaknya di sekitar perairan laut, jadi hujan ringan pun akan sering terjadi. Nah, pengalaman saya, bawa payung pun sebenarnya merepotkan, pergerakan jadi kurang leluasa, jadi kalau kalian punya budget lebih, kalian bisa membeli topi lucu disana. Air mineral disana mahal, tapi don’t worry, disana banyak water fountain kalau kalian haus.
  5. Plan your fast pass and rides
    Kalau kalian mau main semua atraksi, fast pass adalah kuncinya. Triknya adalah pilih satu orang yang larinya paling cepat untuk bawa tiket semua member, untuk discan dan ambil fast pass. Fast pass ini butuh planning, dan rides mana yang harus ingin dinaiki pun butuh direncanakan, karena kalau tidak, siap-siap kaki akan penuh dengan koyo karena bolak-balik antar area Disneysea. Fast pass setiap ride terbatas setiap harinya yang dapat dilihat sesuai dengan jam yang tercetak pada fast pass tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengutamakan rides yang populer yang diinginkan seperti Tower of Terror dan Toy Story Mania (Yang ini biasanya habis dalam 1-2 jam sejak park dibuka!!). Setelah mengambil fast pass harus segera menentukan rute perjalanan dengan mempertimbangkan fast pass yang diinginkan dan fast pass yang sudah dimiliki. Pengalaman saya yang sudah dengan planning, tokyo disneysea dari jam 7 pagi – jam 9 malam : 40,000 langkah!

Sekian info seputar Tokyo Disneysea. I REALLY LOVE this theme park and I will surely be back here. Berikut foto-foto kami disana, supaya kalian semakin semangat untuk main di Tokyo Disneysea. See you in my next post on day 3 Japan Trip.
   

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.