Hari ini Sammy terapi uap pakai nebulizer di RS karena batuk pileknya sudah parah banget sampai ga bisa makan dan minum. Awalnya saya ga mau nebu karena ga sreg kalau harus pakai obat-obatan, tapi apa boleh buat karena riaknya Sammy makin banyak dan ga bisa keluar. Setelah konsultasi sama DSA Sammy, akhirnya saya memutuskan untuk beli saja alatnya, karena setelah dihitung-hitung, tiga kali terapi nebu di RS sudah bisa beli alatnya sendiri di rumah.

Nebulizer yg disarankan itu merk OMRON JET nebulizer tipe C-28. Kenapa tipe ini? Sejujurnya saya sih nurut saja sama dokternya 😝 Belinya di apotik berkat, dengan harga IDR 603,000. Kalo beli di Cen**** mungkin bisa 1,5 juta rupiah. Ingat, prinsip emak-emak, harus irit 💁☝🏻️

Seperti di foto, unboxing si omron ini dapet tasnya (emak-emak di penjuru dunia suka banget kalau ada gratisan tas atau mangkok 😛), mouthpiece, air tube, nebulizer kit (tempat untuk memasukkan obat dan menyambungkan masker dan selang), adult mask, dan child mask.

Caranya gampang banget tinggal sambung-sambung saja semua partnya, lalu diisi obatnya di medication tank (sesuai resep dokter) dengan menggunakan jarum suntik, terus selangnya dicolok ke mesin compressornya. Mask tinggal dipasangkan ke bagian mulut dan hidung anak. Saat terapi uap di RS karena perdana jadi harus beli mask, jadi di foto ini saya pakai yang dari RS

 

 

 

Apa bedanya dengan terapi nebu di RS? Dengan dosis yang sama di RS cuma 15 menit, dirumah 25 menit, mungkin karena tekanan compressornya di RS lebih kencang ya.

Nah setelah di nebu, punggungnya ditepuk-tepuk perlahan supaya lendirnya keluar. biasanya lendir akan keluar lewat batuk, tapi Sammy lewat muntah tadi, 3 jam setelah nebu. Konon katanya, dengan di nebu ini proses penyembuhan lebih cepat dan obatnya ga mengendap di darah (katanya). Sammy disarankan dokternya untuk nebu 2x sehari selama 3 hari. Sammy kebetulan 7 hari baru sembuh, tapi memang setelah di nebu, dia bisa tidur dengan lebih nyaman dari yang biasanya sampai nangis-nangis karena riak.

Penting punya ga? Penting ga penting sih tergantung seberapa sering ‘member’ dirumah bapil, kalo saya  beli simply karena harga beli baru sama dengan 3x terapi di RS. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan ya. Untuk kebutuhan bapil standard alat nebulizer ini sudah cukup, mungkin kalau yang punya sakit lebih parah harus disesuaikan lagi ya sesuai keperluan. Sekian review saya untuk OMRON JET nebulizer C-28.

 

Cheers,

Mommy Sammy