Di post kali ini saya mau membahas mengenai straw bottle (yang bisa berubah jadi straw cup) Nuby Tritan 360. Penggunaan straw cup/straw bottle disarankan oleh para dokter gigi anak untuk perkembangan kemampuan oral anak. Biasanya straw cup diperkenalkan setelah anak ‘lulus’ dari sippy cup. Penggunaan sippy cup sendiri sudah disarankan sejak anak mulai MPASI, yaitu sekitar usia 6 bulan, dimana perlahan, anak sudah harus meninggalkan dot. Sammy kebetulan sudah menolak pakai dot sejak umur 2.5 bulan. Semua merk dot saya coba tapi hasilnya nihil, Sammy hanya mau minum susu directly dari saya dan minum air putih lewat sendok.

Kebetulan waktu Sammy mulai MPASI, saya iseng beli satu straw cup merk Nuby untuk media minum air putih. Luckily, saat itu Sammy langsung bisa menyedot dan minum airnya. Keselek? Pasti. Tapi saya coba sodorin terus, dan di hari yang sama Sammy sudah bisa minum air putih sendiri dari straw cup. Straw cup Nuby akan saya bahas di post lain. Nah, kalau pergi-pergi kan repot ya bawa straw cup yang ga ada tali, jadi saya cari straw bottle supaya bisa dicangklong pakai talinya. Straw bottle yang saya cari maunya persis seperti straw cup Nuby yang saya punya karena Sammy sudah terbiasa dengan straw cup Nuby dia. Selama ini yang saya temukan selalu kurang, entah strawnya empuk tapi ga ada tali, ada tali tapi strawnya keras, dan lainnya.

Nah straw bottle yang sesuai dengan kriteria Mommy Sammy harus punya syarat berikut :

  1. Sedotannya empuk, ga keras kayak batang kayu
  2. Ga bocor kalau dimiringin
  3. Punya pemberat dibawahnya jadi mau dimiringkan dari segala arah, air tetap bisa disedot
  4. Ada tali untuk dicangklong

Pencarian Mommy Sammy akhirnya berakhir di Straw Bottle Nuby Tritan 360

Straw bottle Nuby Tritan 360 dalam settingan straw cup

Setelah unboxing Nuby Tritan 360, isinya ada :

  • bottle set (sedotan dll)
  • handle untuk jadi cup
  • strap
  • strap holder untuk jadi bottle
  • manual instruction

Why I love this Nuby Tritan 360 ?

  1. Straw EMPUK dari soft silicone dan ada stopper. Stopper ini fungsinya mencegah anak keselek karena belum bisa atur aliran air pas nyedot
  2. Dual function bisa jadi cup, bisa jadi bottle buat dibawa pergi
  3. Ada strap jadi bisa diselempang
  4. Ada pemberat yang bisa berputar 360 derajat, jadi bisa minum dari segala angle
  5. GA BOCOR. Ini super penting
  6. Gambarnya lucu yang ada disekeliling botol (ga penting 😝)

Cons :

  1. Partnya agak ribet untuk dicuci
  2. Seal karet disekitar leher penutup cup sering lepas
  3. Bagian dalam strawnya harus dipastikan sempurna terpasang, otherwise air pasti bocor

Nuby Tritan 360 ini comes in three colors : hijau, biru, pink. Harga waktu saya beli di Mothercare itu IDR 289,000, quite pricey untuk ukuran utensil. Tapi berhubung Nuby Tritan 360 ini bisa jadi cup dan bottle, jadi seperti beli dua benda kan. Nah, jadi sekarang sudah ga bingung lagi kan mencari straw bottle yang semua featuresnya lengkap? Video performance Nuby Tritan 360 bisa dilihat disini. Sekian review Mommy Sammy, semoga membantu.

  

  

Cheers,

Mommy Sammy

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 Comments

  1. mom, ini beneran anti tumpah kah? saya punya nuby yang flip straw 360, tapi lagi cari yang pakai tali dan naksir model ini tapi susah nyarinya mom huhu… seberapa recommended nih mom beli nuby yang ini?

    1. Hi mom, ini bener ga tumpah. videonya bisa dilihat di instagram aku, mom. Aku rekomen ini banget karena bs jd gelas dan botol juga. Di mothercare ada jual kok, mom.

  2. Hi Mom, saya mau tanya, yg dimaksud dengan stopper itu apa mom ? karena saya coba agak susah sedotnya apa karena ada valve di sedotan ujung yang deket mulut sedotan ya ?

    1. Hi mom, stopper itu di sedotan bagian atas ada penutupnya dengan garis vertikal yang bisa terbuka kalau disedot, fungsinya untuk menahan air biar ga kebablasan. Memang down sidenya akan lebih sulit sedotnya, makanya sedotan dengan stopper biasa digunakan oleh anak 12 bulan ke atas dimana biasanya kemampuan menghisapnya sudah lebih kuat.