BREASTFEEDING BASKET


Di awal-awal masa pasca lahiran, hidup saya hanya berkisar antara breastfeeding anak, pumping, dan mengurus anak. Jadwal pumping saya bisa 2 jam sekali kalau tidak mau payudara saya bengkak dan berakhir dengan mastitis. Berawal dari keribetan harus sering berhenti setiap kali pumping untuk mengambil barang ini itu yang akhirnya jadi berantakan di nakas, akhirnya saya menyiapkan breastfeeding basket yang isinya semua keperluan saya untuk pumping.

1. Basket : beli 1 set di IKEA Indonesia dengan berbagai ukuran

2. Softaman hand sanitizer : menurut journal penelitian, merk ini katanya yang paling banyak bisa mematikan bakteri (yep, im a hygiene freak). Jadi saya pakai ini sebelum pegang anak, sebelum dan sesudah pumping, setelah ganti diaper Sammy

3. Breastpump : @spectrababyidn S1. Pilih S1 karena saya stay at home mom dan spectra baby S1 ini tipe spectra yang bisa rechargable battery. Saya pilih Spectra S1 juga karena ini hospital grade breastpump jadi pola menyedotnya dan mengosongkan payudara menyerupai hisapan anak.

4. Kapas basah di kotak hijau untuk membersihkan nipple sebelum dan sesudah breastfeeding/pumping AND wet tissue buat membersihkan daerah sekitar payudara yang lengket kena tetesan ASI

5. Kantong ASI : @bagbit.official saya suka kantong ini karena tebal dan punya 2 zipper lagi utk make sure ke-seal, sm bagian sampingnya ada space tebal lagi supaya ga leaking. Pengalaman saya dengan kantong asi lain pernah leaking dari sisi-sisinya karena tidak ada space lebih dan bahan plastik sangat tipis. Breastmilk storage ini Pre sterilized, freezer safe with BPA free and non toxic material ya. Oh ya, tipe kantong ASI ini bisa self standing, tapi untuk menghemat tempat saya lebih suka menyimpannya dengan kondisi digeletakkan supaya bisa ditumpuk.

6. Air minum : ini super PENTING! Before-during-after pumping, saya selalu minum yang banyak. Mungkin saat sehari saya bisa habis 7-8 botol ukuran 1 Liter karena saya haus terus.

7. Botol ASI : ini just in case saya mau kasih Sammy di dot, jadi saya siapkan secukupnya yang dia mau taruh disini, jadi kalaupun dia ga jadi minum, tinggal masukin kulkas. Maksimal 4j am ya

8. Blackmores Breastfeeding and Pregnancy Vitamin : ini vitamin rutin saya selama menyusui

9. Energy bar : pumping itu bikin laper! So saya selalu sedia cemilan, yang paling gampang menurut saya ini energi bar (soyjoy dan fitbar)

10. Koyo : jujur saja umur ga bisa bohong. Bahu dan pinggang sering pegal karena mengurus anak, ini saya beli di jepang, pakainya tinggal dioles dan langsung hangat. Must have item untuk saya

11. Nipple cream Lansinoh : di post sblmnya sudah saya review ya, buat saya cream ini paling cepat penyembuhannya

12. Cocoa butter Stretchmark Cream : saya suka wangi cocoanya. Saat itu saya masih berharap stretchmark bisa hilang (crossing finger), jadi sering-sering lah saya apply ke perut. Selain itu, cream ini juga berfungsi sebagai handcream.

13. Vaseline petroleum jelly (ga ada di foto). Ini juga must have item. Dari kecil bibir dan kulit saya selalu kering, sudah coba segala macam brand, cuma vaseline yang bisa membuat moisturized. I can’t live without vaseline petroleum jelly.

Nah benda-benda yang saya list diatas itu bisa masuk semua dalam satu basket yang saya beli di IKEA ini. Jadi kalau saya mau pumping di kamar anak atau tempat lain, saya tinggal bawa sekotak itu tanpa perlu ketinggalan ini itu. Dan yang lebih enak, disaat tangan lagi sibuk pumping, ga ada lagi cerita bawa-bawa breastpump sambil keliling cari barang. Happy breastfeeding!

Cheers,

Mommy Sammy