Batuk pilek pada baby sudah penyakit yang biasa terjadi saat musim pancaroba. Nah, sekarang-sekarang ini musimnya lagi ga enak banget, bisa tiba-tiba hujan deras lalu ga lama berubah jadi panas terik, jadi banyak sekali anak-anak terserang batuk pilek. Jujur saya bukan tipe orang tua yang tidak akan memberikan obat dokter kalau tidak terpaksa. Saya akan coba dulu cara tradisional, kalau tidak mempan baru diintervensi dengan obat dokter. Saya juga lebih suka langkah preventif dengan memberikan makanan yang kandungan vitamin C-nya tinggi, dan berhubung sekarang Sammy sudah berusia 1 tahun jadi saya booster dengan vitamin Sambucol Elderberry for Kids.

Di luar negeri, jarang sekali dokter meresepkan obat jika anak batuk pilek ringan atau demam ringan. Saat kemarin Sammy liburan ke USA dan batuk pilek parah, dokter disana pun tidak mau meresepkan obat dan menyuntikkan vitamin. Beliau hanya menyuruh saya untuk memberikan banyak cairan ke Sammy dan banyak paparkan dengan sinar matahari. Hal ini dikarenakan mereka percaya adanya penyakit batuk pilek ini berguna untuk membangun antibody natural di tubuh si anak untuk mengobati penyakit ini sendiri.

Selama 1 tahun usianya, Sammy hanya 3 kali terserang batuk pilek dan yang paling parah yang kedua sampai harus di nebu (baca postingan saya mengenai nebulizer). Saat anak batuk pilek pastinya jadi rewel sekali, tidur pun ga enak karena hidung mampet, tidak nafsu makan dan menyusu pun juga tidak nyaman karena hidungnya mampet. Nah, berikut beberapa remedies dan cara yang pernah saya coba dan cukup berhasil di Sammy :

  • Young Living Essential Oil RC : Essential Oil sudah cukup terkenal bisa menangkal dan mengobati beberapa penyakit. Harganya yang cukup mahal dikarenakan isinya adalah ekstrak murni dari tumbuh-tumbuhan yang natural. Contohnya RC ini dimana kandungannya adalah kombinasi untuk masalah pernapasan dan immune support. Kandungan RC antara lain Eucalyptus globulus leaf oil, Myrtus communis (Myrtle) oil, Origanum majorana (Marjoram) leaf oil, Pinus sylvestris (Pine) leaf oil, Eucalyptus radiata leaf oil, Eucalyptus citriodora oil, Lavandula angustifolia (Lavender) oil, Cupressus sempervirens (Cypress) leaf/nut/stem oil, Picea mariana (Black spruce) leaf oil, Mentha piperita (Peppermint) oil.

    Caranya yang saya lakukan untuk baby biasanya saya akan melarutkan RC dengan VCO (virgin coconut oil) dengan perbandingan 1:8. Saya oleskan setiap 4 jam di dada, punggung dan telapak kaki Sammy sambil dipijat. Saya juga teteskan di alas kepala dan baju Sammy supaya bisa terhirup aromanya. Hasilnya langsung terlihat, napasnya jadi lebih lega dan Sammy ga gosok-gosok hidungnya lagi saat tidur. Untuk pencegahan jika sudah terlihat tanda-tanda anak mau batuk pilek, selain dioles, boleh dicoba berendam air hangat dengan campuran tetesan RC Oil ini.

  • Breathy : in obat tetes dari dokter yang berisi NaCl (garam laut) yang berfungsi untuk melegakan jalan pernapasan akibat lendir yang mampet. Caranya dengan meneteskan masing-masing 1-2 tetes ke lubang hidung anak. Cara ini tidak berhasil di Sammy karena Sammy ga suka mukanya diutak-atik, yang ada malahan Sammy jadi heboh menangis karena saya paksa mau teteskan ini.
  • Sterimar : sama fungsinya dan kandungannya dengan breathy, hanya saja bentuknya obat semprot. Jadi caranya dengan menyemprotkan sedikit ke lubang hidung anak, seperti menyemprot spray. Cara ini juga tidak berhasil di anak saya karena sangat tidak nyaman hidung disemprot dengan ini. Meskipun demikian, karena bentuknya sudah aerosol, sterimar lebih cepat bekerjanya untuk melegakan hidung dibanding Breathy.
  • Vicks vaporub baby : Merk Vicks Vaporub ini sudah ada dari lama sekali bahkan saya pun selalu pakai saat masih kecil, tapi yang saya gunakan¬† untuk Sammy ini yang khusus baby. Saya dibelikan ini oleh adik ipar saya di Australia, tapi ada beberapa online shop yang sudah menjual ini. Cara yang saya lakukan dengan vicks vaporub ini adalah dengan mengoleskan di dada dan telapak kaki Sammy yang setelah itu saya bungkus dengan kaos kaki. Saya juga gunakan ini untuk terapi uap (cek foto dibawah) sebanyak 1 sendok the vicks dengan kurang lebih 2L air yang sudah direbus. Hati-hati jangan mengoleskan terlalu banyak karena pernah ada kasus baby umur 3 bulan meninggal karena terlalu banyak diberikan vicks vaporub.

    Cara uap tradisional :

  • Masak air kurang lebih 2 liter sampai mendidih di panci tertutup
  • Tuang 1 sendok the vicks vaporub baby atau 1 sendok teh minyak kayu putih atau 1 sdm minyak telon , aduk
  • Siapkan baby dengan posisi ditengkurapkan di paha ibu dengan jarak aman diatas panci yang mengeluarkan uap panas. Ingat jangan terlalu dekat karena uap itu sangat panas. Akan lebih baik jika penguapan dilakukan di kamar mandi dengan pintu tertutup supaya bisa berefek seperti sauna. Lakukan sehari dua kali masing-masing selama 10-15 menit supaya baby bisa hirup uapnya.

Setelah di terapi uap biasanya dari hidung Sammy akan keluar cairan bening (lendirnya), setelah itu akan saya mandikan Sammy dan lanjutkan dengan memijat Sammy dengan essential oil RC.

Selain cara-cara diatas yang perlu rutin dilakukan adalah :

  • Tetap menyusui baby, kalau bisa lebih sering
  • Menidurkan baby dengan posisi kepala lebih tinggi. Saya biasa menidurkan Sammy di bantal orang dewasa dengan posisi mulai tengah punggung ke atas berada di bantal. Jangan letakkan hanya mulai dari leher dan kepala di atas bantal karena takut menutup jalan napas akibat leher tertekuk.
  • Menjemur baby setiap pagi sekitar jam 7-8 pagi
  • Kalau baby sudah masuk MPASI, berikan makanan berkuah seperti sup ayam, kaldu ayam, k eek (sari pati ayam). Jangan lupa berikan cairan lebih banyak seperti juice yang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi, juga air putih yang banyak.

Sekian sharing saya mengenai cara mengobati batuk pilek pada anak tanpa obat dokter. Sebisa mungkin kurangilah penggunaan obat jika tidak terpaksa, karena cara natural itu biasanya lebih baik. Jangan lupa berikan asupan gizi yang cukup untuk mencegah penyakit, karena mencegah SELALU lebih baik daripada mengobati.

 

Cheers,

Mommy Sammy