Disclaimer : hasil di setiap orang bed-beda, karena terlalu banyak variabel penentunya seperti sensitivitas kulit, penyerapan, jenis bahan, faktor genetik dan lainnya. Saya hanya share yang saya lakukan untuk menebalkan rambut anak saya.

Hola! Akhirnya dibikin post saja ya karena banyak pertanyaan kenapa rambut Sammy tebal, dipakaikan apa, dan sebagainya. Sammy tidak saya gunduli saat usia 40 hari, saya memang tidak mengikuti aturan jaman dulu, karena saya dan keluarga saya pun tidak begitu dan terbukti rambut kami semua tebal. Nah, saya coba share yang saya lakukan ya untuk menebalkan rambut bayi. Kalau mau diikuti silakan, ga juga tidak-apa-apa.

Jadi selama hamil saya minum air KELAPA IJO (bukan kelapa muda ya, kelapa ijo kalau ditebas dagingnya warna pink kemerahan) seminggu sekali mulai usia kandungan 4 bulan, dan saat masuk usia 7 bulan saya minum SETIAP HARI. Sebenarnya saat itu percaya ga percaya katanya bisa bikin rambut anak tebal, karena memang selama hamil itu haus terus seperti onta, sehari saya bisa minum 6-7 liter. Yes, lebay. Jadi kalau abis minum kelapa ijo tuh seger banget rasanya. Boleh ngga sama dokter? Dokter saya sih asik2 saja ya, dan saya juga ga terlalu banyak pantangan harus ini itu, tapi balik lagi sesuaikan ke kondisi masing2 ya. Ada bukti scientific kelapa ijo bikin rambut tebal? Ga ada tuh, cuma dari ‘katanya’ tapi ya saya coba saja toh ga merugikan. Kebetulan ada beberapa orang yang ngikutin minum kelapa ijo ini dan emang pas lahir anaknya rambutnya tebal. So, who knows.

Back to rambut. Nah, setelah lahiran, ada 2 bahan yang rutin saya gunakan sampai sekarang : TEH BASI dan LIDAH BUAYA. Teh basi ini metode yang dipakai oleh mami saya ke saya dan adik-adik. Ya hasilnya memang rambut kita semua jadi seperti semak-semak. Jadi sekarang saya praktekkan juga ke Sammy, ikutin kata orang tua. Yang baik diikutin, yang kurang baik ya dihindarin. Simple saja.

Bahan :

  1. lidah buaya 1 batang gede, bisa buat 2 minggu, masuk kulkas. Sekali pakai soalnya cuma lebar 1-1.5cm
  2. teh tubruk bebas mau merk apa

How to (lidah buaya):

  • lidah buaya dipotong tebal 1-1.5cm, dipotong pisahkan kulit dan dagingnya
  • di kulitnya bagian dalam banyak lendirnya, langsung oles ke kulit kepala. Dagingnya dicemek-cemek (apalah ini bahasa kerennya), nanti keluar lendir juga, dioles ke kulit kepala. Lalu dipijat lembut ya (video bisa dilihat disini)
  • diamkan 15 sampai 20 menit. Lalu keramas bersih

How to (teh basi):

  • 1 sdm teh tubruk taro di tempat
  • tuang air panas, diseduh, ke teh tadi, jangan sampai kebanyakan ya, cukup ketutup saja semua (lihat foto)
  • diamkan semalaman
  • Pagi-pagi, disaring, peras ampas tehnya, ambil airnya saja. Airnya dioles ke kulit kepala, pijat lembut. Diamkan 15-20 menit, lanjut keramas bersih

Nah itu metodenya, saya gonta ganti saja tiap pagi, hari ini teh, besok lidah buaya.

Kenapa ga pakai kemiri/urang aring/seledri? Saya sih ga mau bikin rambut Sammy lebih hitam lagi, Sudah cukup segini, kalau bisa brunette lebih bagus 🤭 Banyak cara sih sebenarnya, cuma memang ibunya harus rajin. Kadang orang cuma mau ini itu dilihat bagus-bagusnya, tapi ga mau capenya (reminder to self). Nah, rambut tebal Sammy ini ga tau karena memang faktor genetik atau apa, karena dari genetik memang saya rambutnya banyak (sebelum gugur akibat kuliah tekkim 4taun) dan rambut bapaknya seperti gadis sunsilk. But anyway , ga ada salahnya dicoba kan? Goodluck! 😉

Cheers,

Mommy Sammy

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.