Ceritanya udah beberapa hari saya galau karena Sammy tiba-tiba muncul molars tooth (gigi geraham), padahal gigi taring belom muncul, gigi lateral incision juga belom muncul. Cari-cari info dari web indo ga ketemu info sama sekali, adanya dari web babycenter di luar negeri. Akhirnya saya konsultasi sama dokter gigi langganan @jck_santoso dan banyak banget dapat ilmu yang sebelumnya saya ga tahu. Nah sekarang saya mau share 5 fakta mengenai pertumbuhan gigi bayi yang mungkin belum diketahui.

American Dental Association

👩🏻‍⚕️ Kok gigi geraham atas muncul duluan sebelum gigi taring dan gigi lateral incision?

Gigi taring atas memang muncul setelah gigi geraham atas, dan munculnya ga harus selalu berbarengan sepasang, bisa ada rentang waktu. (picture source from babycenter)

👩🏻‍⚕️ Gigi seri central sammy ada gap, apakah akan bermasalah?

Justru lebih baik ada gap daripada ga ada gap. Kalau ga ada gap ada kemungkinan gigi permanen akan tumbuh berjejal kalau rahang kecil dan gigi besar. Jadi diharapkan ukuran gigi dan rahang seimbang

👩🏻‍⚕️ Bagaimana dengan penggunaan odol?

Kalau bisa jangan pakai odol dulu sebelum umur 2 tahun, karena faktor fluoride dan chemical lain. Tunggu sampai anak bisa berkumur dan meludah. Rasa odol cenderung manis, jadi cenderung ditelan. Walaupun odol anak-anak claimnya aman tertelan, tetap saja itu chemical product. Cukup setiap habis makan minum yang ada kandungan gula, disikat pakai sikat gigi lembut atau kain kasa dengan air hangat. Kalau tetap mau pakai odol, cukup pakaikan sebesar 1 butir beras dan di-smear.

👩🏻‍⚕️ Apa baby rawan terkena tooth decay, caries dan cavity?

Yes. Anak yang masih minum susu di botol dot cenderung beresiko terkena nursing bottle caries, karena air susu yang mengandung gula menggenang di dalam mulut, terutama di bagian gigi molars. Biasanya kalau minum susu di dot bisa sampai ketiduran, ini yang bahaya.

Ditambah lagi, kalau ngedot sampai besar (SD), ada kecenderungan pertumbuhan gigi belakang jelek, collapse ke arah lidah dan palate, molars rahang bawah jadi tumbuh diluar molars rahang atas. Kalau bisa jangan dikenalin sweets (permen, ice cream, coklat) terlalu cepat, supaya ga ada cavity sampai nanti gigi tetap. Tanda2 tooth decay itu biasanya ada bintik putih di giginya. Biasanya kalau udah ada tanda seperti ini, disarankan pakai tooth mousse.

 👩🏻‍⚕️Tambahan info dari dosen UI PhD public health kesehatan gigi

Sikat gigi untuk anak dibawah 7 tahun sebaiknya dilakukan oleh ortu karena motorik belum sempurna. Diatas 4 tahun boleh diajarin sikat gigi sendiri tapi tetap stlh itu ibunya sikat lagi. Posisi menyikat paling baik itu posisi tiduran, dimana kepala anak tiduran diatas paha ibu, tangan kiri ibu membuka mulut anak, dan tangan kanan ibu menyikat gigi anak. Odol boleh dipakai dengan takaran sebesar biji jagung (untuk 3 tahun ke atas) dan berkumur dengan air satu kali sebanyak 5-10ml.

Nah, kurang lebih seperti itu informasi seputar kesehatan gigi bayi yang mungkin Mommies belum ketahui. Info yang saya tulis berdasarkan konsultasi dengan dokter spesialis gigi sehingga berdasarkan dengan ilmu medis. Kesehatan gigi anak perlu kita jaga dari sejak mulai tumbuh gigi pertama kali, karena saat itu juga koloni bakteri sudah mulai tumbuh. Sampai saat ini saya belum memakaikan pasta gigi/odol untuk Sammy. Sammy menggunakan sikat gigi dari Nuby 4 stage oral system dimana saya masih menyikatkan gigi Sammy dengan yang stage 1 karena walaupun saya juga mengajarkan Sammy sikat gigi, dia belum bisa bersih sikat giginya. Happy Parenting!

Cheers,

Mommy Sammy