I still can’t get over my korean trip. Salah satu destination yang saya pasti bakal berkali-kali balik kesini. Alasan utama saya ke Korea Selatan ini selain untuk shopping, ya untuk culinary hunting. Nah sekarang saya mau share must eat food in Seoul, walaupun ini baru sebagian dari list makanan yang mau saya coba tapi belum kesampean. Saya ga akan bahas tempat mana saja yang harus dicoba, karena banyak banget yang sudah bahas, jadi saya bahas saja yang kemarin saya makan ya.

✅ Kyoja


Yang paling hits itu di Myeongdong Kyoja, tempatnya kecil, sempit. Ini menurut saya mirip xiao long bao tapi lebih gede ukurannya dan dagingnya lebih banyak. Kuahnya enak banget, gurih tapi bukan micin, lalu makannya nanti bisa sama nasi atau sama udon.

✅ Eomuk

Ini fishcake atau Odeng yang dililit seperti sate. Rasanya persis fishcake di Jepang dan disini juga. Yang enak itu kuahnya anget2. Yang bikin ilfeel, ternyata tusuk satenya harus dibalikin 😱 berarti bekas orang-orang dong. Ini street food yang banyak banget bs ditemukan dimana-mana.

✅ Gyerannbang

Intinya sih roti atasnya ditaruh telor ceplok ya. Rotinya lembut, empuk, telurnya juga 3/4 mateng (susah kan bikin konsistensi 3/4 mateng). Sammy yang ga doyan roti saja suka banget ini. Ada di myeongdong dan namdaemun

✅ Samgyetang

Makanan Korea yang wajib dicoba. Samgyetang paling terkenal itu di Tosokchon ya, deket Gyeongbokgung Palace. Ayam diisi ketan dan ginseng dalamnya. OMG, ini super amat sangat comforting. Kalau bisa bungkus bawa ke indo mah sudah dibawa ini. Saya pikir ginsengnya bakal taste weird, tapi ternyata enak bangetttt! Rasanya super light, jadi saya tambahin garam dan merica lagi. Selesai makan ini, minum ginseng liquor. Mati bahagia.

✅ Banana Milk

Susu jastip sejuta umat ya ini. Disana banyak di convenient store. Tiap hari minum ini 2-3 botol, tapi ga eneg. Manisnya pas. Harganya ga pas tapi karena 8 kali lebih mahal dari susu ultra kotak kecil 😆

✅ Bibigo seaweed

Cemilan wajib disaat laper. Saya tuh paling waswas makan beginian karena sensitif banget mulutnya, bisa abis itu sore lidah dan langit-langit mulut. Tapi ini cemilan sama sekali ga bikin sore lidah. Rasanya gurih ada sedikit manis-manisnya, dimakan bareng sama ramen…jos gandos!

✅ Budae jjigae

source : pinterest

Ini rasanya beda banget sama di indo. Pedesnya light. Isinya ada sosis, ham, ramen, daun bawang sekilo, kacang merah. Rasanya tuh cheesy, creamy, tapi ga eneg karena ada rasa asem dikit, gurih dan sedikit pedes. Believe me or not, Sammy doyan!

✅ Yukgaejang (korean beef stew)

source : pinterest

Mungkin ini gulai ala korea kali ya. Intinya sup pedes bening isinya suwiran daging sapi sama daun bawang sekilo. Pedasnya selevel dengan tteobokki. A bit oily. Makan pakai nasi hangat. Endes!

✅ Bibimguksu

source : maangchi.com

Nah ini mungkin agak anti mainstream ya. Yes, bibimbap disini super enak, ga seperti di indo cuma asem doang. Tp kali ini saya disuruh coba sm adik saya, yang namanya bibimguksu alias Bibimbap yang nasinya diganti sama mie. Bibimbap itu pakai bap (nasi dalam Bahasa korea). Kalau bibimguksu itu pakai guksu (mie dalam Bahasa korea). Jangan kaget kalau pas pesanan dating mienya dingin, mirip cold soba. Toppingnya cuma timun sama kimchi. Saya ga suka cold soba, tapi ini saya suka. Worth trying! Di myeongdong kyoja juga jual.

✅ Korean Fried Chicken

courtesy of www.danielfooddiary.com

Sumpah ini enak kebangetan. Less oily, crispy, juicy. Ngeces. Saya beli punya BHC sama soy apa gitu. Porsinya ga wajar bisa buat sekampung.

✅ Makgeoli (rice wine)

source : pinterest

Ini mantap dan enak! Cara membedakan dengan soju, kalau soju warnanya bening, kalau makgeoli warnanya putih butek. Unlike soju, makgeoli lebih ada soda dan sedikit manis. Enak banget apalagi kalau udrea lagi dingin 😍 Minumnya sambil ditemenin oppa ganteng.

Beberapa foto makanan saya ambil dari berbagai source karena banyak yang saya sudah ga sabar untuk makan dan akhirnya kelupaan untuk foto deh. Nah diluar ini ada juga makanan Korea yang saya coba dan menurut saya rasanya biasa saja seperti di indo. Yang sudah saya coba itu bibimbap, japchae, kimbap, galbitang, kimchi fried rice, kimchi jjigae, pajeon, tteobokki, samgyeopsal, sosis yang dibalur french fries, grilled sausagenya, dan grilled cornnya. Grilled cornnya aneh, ga seperti jagung ditempat lain, jadi seperti makan ketan, nempel semua di gigi. Roasted ginko juga saya ga suka, aneh rasanya nempel-nempel semua di gigi.

List yang belum kesampean buanyak banget. Ada porridgenya, ganjang gejang, seafood stew, bingsu, korean seaweed soup, jjajangmyeon, ossuloc green tea dan sederet nama makanan korea lain. Oh ya,orang sini sepertinya kecanduan daun bawang, sekali masak mungkin pakai sekuintal. buat yang ga suka daun bawang seperti saya, siap-siap makannya bakal lama. Saya disana makan lama banget karena daun bAwangnya saya pisahin satu-satu. But anyway, pesan saya, diet dulu sebelum ke korea, karena disana pasti naik berat badan. Annyeonghi-gyeseyo! ❤️

Cheers,

Mommy Sammy

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.