Flashcards ini saya sudah beli lama ya dan sudah saya perkenalkan ke Sammy dari usia 11 bulan. Review flashcardsnya juga  sudah saya post, bisa cari di #sammysmomreview . Syarat pengenalan kata dengan bahasa kedua adalah anak SUDAH MENGERTI KONSEP kata tersebut dalam bahasa ibu. Jadi misalnya saya introduce ‘cat’ ke Sammy, dia sudah harus tahu kucing terlebih dahulu. Caranya misalnya saya lagi jalan sore, tanya ke dia : kucingnya mana, dia tunjuk kucingnya. Lalu saya ulang-ulang kucing itu cat, cat itu kucing. Hari-hari berikutnya setelah konsep bahasa ibu sudah terserap, saya ganti : cat mana? Jadi KASIH LIHAT DULU BENDA ASLINYA, BARU VERSI GAMBARNYA.

Why flashcards? Jadi dulu saya pernah mengajar bahasa inggris di tempat les yang terkenal itu dengan inisial E. Saya mengajar Bahasa Inggris mulai dari toddler sampai business class. Sebagai teacher saya diharuskan untuk mengenal karakter setiap anak dan cara approachnya supaya mereka bisa mengerti Bahasa asing ini. Disana toddler usia 4-5 tahun, diajarkan numbers, alphabets, fruits, veggies, etc pakai flashcards. Flashcardsnya juga besar ya, bukan yang mini. Textnya juga ga langsung dibawah tapi di baliknya. Nah saya ga bisa cari persis yang seperti itu, jadi flashcards ini yang paling mendekati kriteria saya. Fungsinya biar nanti bisa main tebak-tebakan, mulai dari suruh cari gambar yang sesuai instruction, dan kalau sudah lancar, yang ditunjukkan textnya tanpa gambar. Clearly, anak seumur Sammy belum bisa baca, jadi saya mulai introduce dari gambar. Cara mainnya saya jelaskan dibawah dan bisa dilihat di video ini.

  1. Mulai dari sedikit misalnya 2 gambar : cat sama dog. Kasi liat 1 card, bilang : cat. Ulangi lagi : cat.
  2. Simpan kartu cat, tunjukkan kartu dog : dog. Ulangi : dog
  3. Ulangi lagi di cat
  4. Ulangi lagi di dog.
  5. Taruh 2 kartu didepan anak, tanya : mana cat? Mommy minta cat dong.
  6. Kalau belum bisa, ulangi lagi step 1.
  7. Ulangi 1-6 selama seminggu ke depan setiap hari di jam efektif, jangan tambah cards dulu. Yang saya maksud jam efektif ini jam dimana focus span anak paling bagus, cuma ibunya sendiri yang tau ya. Kalau sammy, sebelum tidur malam.
  8. Kalau sudah lancar, tambah lagi 2 cards, dengan mengikutsertakn 2 cards lama. Caranya sama ya introduce, lalu test.
  9. Kalau main dengan kartu didepan sudah lancar, step up the game dengan sebar cards di rumah (sofa, meja, kursi, tangga), jadi anak bakal berpikir itu seperti game bukan belajar. Setiap anak bisa menemukan card yang diminta, berikan high five.

Jangan putus asa ya mom kalau anak belum bisa, kuncinya bukan di lamanya session belajar, tapi dari frekuensi, harus repetitif, diulang-ulang terus setiap hari. Sekarang Sammy tanpa disodorin, dia sendiri yang tiap malam ambil flashcards mau main. Penyerapan setiap anak berbeda, tapi bukan berarti ga bisa. Saya bisa ngomong karena dulu saya punya students dengan kemampuan berbeda-beda, ada yang cepat ada yang lambat, jadi pendekatannya pasti berbeda. Dan terbukti dengan perbedaan itu, mereka semua bisa naik kelas.

Di usia Sammy yang sudah toddler, saya mulai mengurangi mainan yang ga edukatif dan menjadikan proses belajar jadi permainan. Jadi sebisa mungkin ‘mainan-mainan’ yang ada di sekitar Sammy semuanya untuk dia belajar, yang ga buat belajar saya singkirkan, jadi mau ga mau dia pilih yang ada 😆 And I’m trying my best to make it fun for him. Pola belajar juga penting ya, anaknya tipe apa? Cara dia belajar gimana, observer kah, doing langsung kah? Personality anak gimana, aktif atau pasif, sabar atau cepat bosen? Jam berapa anak bisa fokus? Karena usia toddler bisa fokus 15 menit saja udah bagus, jadi manfaatkan moment itu. Perkembangan otak anak di golden age ini juga sangat cepat, jadi sebisa mungkin sehari-hari diisi dengan yang bermanfaat. Sekian sharing mommy sammy ❤️

 

Cheers,

Mommy Sammy