Saya beli cognition puzzle ini dari Shopee, iseng-iseng siapa tau Sammy suka, untuk melatih kemampuan cognitive Sammy. Cognitive skill itu apa sih? Pada dasarnya kemampuan kognitive itu proses otak berpikir mulai dari melihat suatu masalah (persepsi), lalu masalah itu dipahami (comprehention) berdasarkan pengetahuan (knowledge) yang dia punya, sehingga dia bisa mengambil keputusan untuk memecahkan masalah itu (problem solving). Kemampuan ini berhubungan erat dengan kemampuan mengingat, mensintesis informasi sampai melakukan evaluasi terhadap masalah dengan nalarnya.

Pada puzzle ini si anak belajar mulai dari mengenali hewan apa ya yang kepalanya seperti ini, lalu mungkin ga kepala gajah abu-abu tapi badannya babi warna pink. dia akan menggunakan kemampuan mengingatnya yang mungkin dari flashcard, dari jalan-jalan di zoo, dari lihat youtube, sehingga akhirnya dia akan memutuskan untuk memilih badan dan kepala hewan mana yang merupakan pasangan, lalu nalarnya akan jalan, bahwa hanya 2 kartu yang dibutuhkan untuk membentuk 1 hewan utuh, bukan 3 atau 4 kartu.

Cara bermainnya mulai dari gampang lalu ditingkatkan ya kesulitannya (untuk video lengkap bisa dilihat di Instagram saya) :

STEP EASY:
– sediakan 3 kepala hewan, biar dia perhatikan dan mengingat itu hewan apa aja
– sodorkan 1 badan hewan
– tanya : ini badannya, kepalanya yang mana ya?
– ulangi step ini sampai lancar, lalu ganti dengan sediakan badan, sodorkan 1 kepala.

STEP ADVANCE:
– sediakan 3 badan, 3 kepala
– minta anak untuk match making membentuk 3 hewan
– minta anak sebutkan nama hewan itu atau kalau belum bisa, beritahu nama hewannya

Mengembangkan cognitive skill anak itu penting sekali ya karena ini pada dasarnya cognitive skill ini akan berkembang pesat di 1000 hari kehidupan anak jika diberikan stimulasi yang tepat. Berulang kali saat saya ke dr Luh dan psikolog, mereka menitikberatkan pada kemampuan kognitif dimana skill ini seperti pusat dari berkembangnya kemampuan lain.

Pertama kali trial puzzle ini entah gimana Sammy langsung bisa semua bahkan utk hewan yang belum pernah saya ajarkan seperti penguin, badak, kura-kura. Tapi sepertinya dia recall memory dia waktu dia pergi ke zoo atau tiap lihat gambar di buku yang saya ceritakan dimana saya sebutin aja asal tanpa spesifik kasih tau kata itu. Untuk Sammy, benda kayak gini itu mainan, dia yang minta biasanya. Nah, saya ajarkan hal baru seperti ini di malam hari sebelum Sammy tidur, itu jam dia yang paling efektif. Tiap anak beda-beda ya pola belajar dan jam efektifnya, jadi ibu-ibu kudu cari tau ya ☺️ Selamat bermain! ❤️