Hari kedua di Korea kali ini diisi dengan :

  • Nami Island
  • Gardens of Morning Calm
  • Pojangmacha

Kalo ke Korea tapi ga mampir Nami Island itu rasanya ada yang kurang ya. Nami Island ini lokasinya ada di provinsi Gapyeong, dengan nama aslinya Naminara (nara = republic), dengan jarak sekitar 1,5 jam dari Seoul. Nami ini walaupun pulau kecil tapi dia itu negara tersendiri, dimana kalau kesana kita butuh Visa On Arrival yang bisa dibeli di pelabuhan Nami (Nami Wharf)

Di Gapyeong sendiri sebenarnya ada beberapa tourist attractions diantaranya :

  • Nami Island
  • Petite France
  • Gardens of Morning Calm
  • Jade Garden (ini masih baru, jaraknya lumayan jauh)
  • Edelweiss Swiss Theme Park

Di antara itu semua, saya paling ga rekomen petite france. Selain tiket masuknya mahal, isinya cuma segitu-gitu aja dan keliatan banget fakenya. Untuk yang bawa baby, Petite France ini ga rekomen bawa stroller ya, karena didalamnya itu untuk naik ke bangunan-bangunannya harus naik tangga (kecuali mau gotong-gotong stroller). Favorit saya : Nami Island dan Gardens of Morning Calm.

Somehow saya lebih suka untuk menikmati scenery dan ambience yang ga mungkin bisa didapat di Indonesia, ketimbang sekedar cari spot foto untuk di instagram. Kalau mau benar-benar bisa menikmati semuanya, saya suggest untuk membatasi hanya 2 spot attractions dalam 1 hari.

Di post ini saya akan bagi jadi beberapa penjelasan :

  1. Pilihan Transportasi
  2. Pilihan Rute
  3. Cara menuju ke Nami Island
  4. Cara menuju ke Gardens of Morning Calm

PILIHAN TRANSPORTASI

Ada 3 cara untuk menuju provinsi Gapyeong :

  • Bus (paling lama)
  • Normal Subway (paling ribet)
  • ITX (paling cepat, sudah saya jelaskan disini)
  • Join Day Trip dari klook (terjamin shuttle pulang pergi tapi lebih mahal)

Kalau mau naik bus, silakan menuju ke Jonggak Station. Dari jonggak station keluar dari EXIT 3 lalu ambil arah timur menuju Tapgol Park, di Insadong. (sekitar 250m). Bus akan berangkat jam 9.30am, dan kembali dari pelabuhan nami jam 4 sore. Melihat jam berangkat busnya, ini ga saya rekomen karena begitu sampe di Nami sudah jam12an dan pasti ga akan dapat spot foto bagus.

Kalau kamu memilih naik subway, rutenya lebih rumit harus turun naik dan pindah kereta berkali2. Basically darimana pun kamu berada, pergi ke Wangsimni station (LINE 2), lalu pilih JUNGANG LINE arah Cheongnyangi Station tapi turunnya di Mangu Station. Setelah turun di Mangu Station silakan pindah ke kereta GYEONGCHUN LINE arah Galmae station tapi turunnya nanti di Gapyeong Station.

Perlu kamu ketahui, Gyeongchun Line Train ini merupakan central train, jadi di peak hours, kereta-kereta ini sangat ramai dan penuh sesak.

 PILIHAN RUTE

Rute yang kamu pilih diantaranya :

  • Nami Island THEN Petite France/Gardens of Morning Calm
  • Gardens of Morning Calm THEN Nami Island

Setelah dua kali ke Nami Island, saya akhirnya menggunakan rute kedua : Gardens of Morning Calm dulu, baru lanjut ke Nami. WHY? Karena biasanya orang-orang pasti mau kejar foto-foto di Nami Island dulu dan itu pasti crowded banget. Setelah dari Nami Island, orang-orang biasanya baru lanjut ke petite france dan Gardens of Morning Calm. Nah, melihat pattern yang seperti itu, akhirnya saya balik dimana mulai trip di Gardens of Morning Calm. Dan yes, lebih sepi. Kamu bisa tetap ikut rute pertama kalau mau Nami island duluan, dengan syarat kamu harus sampai di Nami Island (bukan nami wharf) jam 9 pagi.

Kalau dilihat dari Gapyeong Station sebagai base, maka yang paling dekat adalah Nami Island (sekitar 5 menit naik taxi dari Gapyeong Station) dan paling jauh adalah Gardens of Morning Calm. Kalau mau ambil rute ke dua, kamu harus berhenti di Cheongpyeong Station (bukan Gapyeong).

CARA MENUJU NAMI ISLAND

Saya akan mengambil patokan menggunakan ITX. Dari Seoul ada 2 pilihan station : Yongsan dan Seoul Station. Paling aman dari Yongsan Station karena less crowded dan navigationnya lebih mudah di dalam stationnya. Cara membeli tiket ITX sudah saya jelaskan disini. Silakan cari train dengan nomor yg tertera di badan kereta, keterangan car number ada di setiap perbatasan pintu antar gerbong dan nomor kursi sesuai dengan tiket yang kamu punya.

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

The famous metasequioa lane. SEPI at 9 am

TIPS NAMI ISLAND :

  1. Dengan rute pertama, kamu harus ambil ITX dengan tujuan Gapyeong Station dari arah Seoul, dengan jam keberangkatan jam 7 pagi.
  2. Setelah turun dari Gapyeong Station, jangan tunggu bus, tapi langsung saja naik taxi dengan biaya 4000 won
  3. Begitu sampai di Nami, langsung mengarah ke metasequoia lane, sebelum ramai.
  4. Kalau mau kejar attractions lain, di Nami harus sudah selesai paling lambat jam 12 siang

Setelah dari Nami Island, kembali lagi ke pelabuhan dan makan chuncheon ddakgalbi di dekat pelabuhan. Jangan lupa untuk cek jadwal city tour bus yang lokasinya ada DI SEBERANG GS 25. Jangan salah tunggu ya, karena kalau kamu tunggunya di GS25 nya nanti kamu dibawa balik ke Gapyeong Station. Begitu masuk city bus, bayar langsung 6000 won ke si pak supirnya, nanti dikasih kayak gelang kertas dan kamu bebas mau turun naik berkali-kali.

ini GS 25 nya
ini tempat antrinya

Perjalanan dari Nami Wharf ke Gardens of Morning Calm memakan waktu sekitar 50 menit, dengan ada perhentian di Petite France.

CARA MENUJU GARDENS OF MORNING CALM

Gardens of Morning Calm during Autumn
Pond Garden in Late Spring
Gardens of Morning Calm in Autumn

Ini rute yang saya rekomendasikan (Cheongpyeong Station–>Gardens of Morning Calm –> Lunch –> Nami Island –> Gapyeong Station). Berangkat pagi sekitar jam 7 dari Yongsan Station menuju Cheongpyeong Station dengan ITX. Sesampainya di Cheongpyeong Station kamu bisa pilih untuk naik bus (bisa bebas turun naik beberapa kali) atau menggunakan taxi (ini saya sarankan kalau pergi atleast 3-4 orang) untuk menuju Gardens of Morning Calm. Bus stop ada di seberang Cheongpyeong Station. Kalau ga bisa bahasa Korea, Kamu bisa tanya aja ke supir bus : “Gardens of Morning Calm?” Gitu aja si driver ngerti kok

Silakan spend time di Gardens of Morning Calm kurang lebih 2 jam, setelah itu jangan lupa check bus timetable untuk pergi ke Nami Wharf. Ada 2 jeni bus : green dan pink, jadi jangan sampai salah waktu ya. Kalau mau lunch bisa langsung di sekitar pelabuhan Naminya, ada restoran ddakgalbi enak disitu.

TIPS GARDENS OF MORNING CALM

  1. Ambil map di tourist office, ikuti arahnya titiknya
  2. Spot favorit saya di Gardens of Morning Calm itu di Pond Garden, lokasinya paling ujung banget
  3. JANGAN PETIK BUNGA DISANA
  4. The best season to visit itu during Autumn. Pepohonan dan bunga-bungannya warnanya cantik sekali, matahari pun ga terik seperti saat spring.

Setelah lunch, sekitar jam 2 siang, pergi ke Nami Island sudah lebih sepi jadi kalau mau foto-foto sudah santai, bisa spend time disana sekitar 2 jam. Fery menuju Nami Island akan semakin jarang setelah lewat jam 5 sore, jadi jangan lupa perhatikan batas waktu ya. Oh ya, kalau kamu sudah beli tiket ITX PP, jangan lupa perhatikan jam berangkat ITX menuju Seoul ya.

Setelah puas di Nami Island, kamu tinggal kembali ke Gapyeong Station yang hanya berjarak 5-10 menit naik taxi. Antrian taxi ada di depan GS25 (depan ya BUKAN SEBERANG).

POJANGMACHA

Selesai dari exploring Gardens of Morning Calm dan Nami Island, saya pun kembali ke Seoul untuk bertemu dengan teman-teman Korea saya. Mereka mengajak saya dinner di restoran Korean BBQ yang ga ada turis yang tau. Lokasinya ada di perkantoran daerah Jongno. Samgyeopsal (non halal) nya ini the best banget karena biasa pork belly itu 3 layers (Sam = 3), tapi ini 5 layers dan porknya berasal dari peternakan di Jeju Island.

Kebiasaan orang Korea, dinner itu baru ronde pertama, dimana setelah itu biasa dilanjutkan dengan ronde kedua yaitu pojangmacha dan ronde ketiga noraebang (karaoke room). Pojangmacha ini biasanya berupa tenda-tenda kaki lima dengan meja-meja kecil. Biasa orang-orang Korea bercengkrama sambil minum soju dan makan makanan kecil (sundae, fish skin etc) di pojangmacha ini, jadi suasana lebih santai. Persis seperti yang biasa kamu lihat di K-drama.

image source:google

Teman-teman saya bilang sekarang ini sudah jarang traditional Pojangmacha yang pakai tenda orange itu, sekarang bentuknya di jalan kecil dengan menggunakan meja-meja yang terbuka. Jadi persis kayak kalau lagi di angkringan jogja gitu loh tapi ini pake kursi bakso bukan lesehan 😀

Saya akhirnya dibawa ke daerah Euljiro-3-Ga, ini di daerah jongno-gu. Sesampainya disana sudah bertebaran meja-meja kecil dan orang-orang kantoran yang asik mengobrol dengan soju, beer, dan makanan kecil di meja. Teman Korea saya bahkan mengajarkan saya membuat soju bomb hahaha. Ini enaknya kalau pergi dengan teman orang lokal, jadi experience yang didapat pun ga seperti kalau ikut tour travel mainstream tourist.

Sayangnya kami berhenti sampai ronde kedua saja karena besoknya teman-teman saya harus bekerja. Saya pun akhirnya kembali ke airbnb untuk berisitrahat.

Sekian cerita perjalanan Seoul day 2 in Autumn. Sampai jumpa di cerita selanjutnya

Cheers,

Mommy Sammy