Hi Mommies,

Siapa yang hobinya traveling kayak saya? Saya tuh hobi traveling, tiap kali pegi sama temen, siblings, suami, skg bawa ansaya, mrk semua serahin ke sayau, mereka cuma tinggal kasih tau aja maunya apa, karena pasti beres tokcer macam tour agent 😆 Ini saya ceritain garis besar cara saya prepare buat traveling ya.

📌KOMPROMI BULAN DAN TANGGAL
h-3 bulan buat Asia, h-6 bulan buat luar Asia. Karena biasanya harus apply cuti lah, month end lah, project lah. Hindari june-july. Akhirnya ga liburan karena 90% negara lagi summer jadi pada holiday juga, mau vacation malah jadi kayak cendol. Tentuin juga berapa hari AKTIF disana (karena biasa pergi-pulang sudah makan 2 hari)

📌 BROWSING AIRLINES TICKET
Ga usah beli dulu ya, unless duit ga berseri. Cari departure selasa/rabu, biasa lebih murah. Saya pakai apps skyscanner atau kayak dengan INCOGNITO MODE. Subsribe ke web airlines inceran, siapa tau pas ada promo. Sebisa mungkin beli ticketnya RETURN, karena lebih murah drpd ONE WAY. Jadi pergi SQ, ya pulang pakai SQ juga.

📌 APPLY VISA
Jujur saya lebih suka apply visa sendiri, apply lewat agent susahnya kayak test masuk PTN, banyak cingcong. so far sih gampang-gampang aja ya sampe visa USA saya apply sendiri dan lantjar.

📌BOOK FLIGHT AND ACCOMODATION
visa granted, mulai deh booking flight dan accomodation. Jangan lupa call travel agent juga siapa tau mereka ada harga khusus.

📌LIST DOWN ALL MAJOR EXPENSES
Saya selalu bikin di excel, apa saja major expenses yang dibutuhin sesuai kategori : international transport (subway, train, bus, rent car), accomodation, domestic transport, attractions, misc. note down mana yang sudah dibook, mana yang belum, mana yang ada promo, harga berapa.

📌LIST DOWN ALL PLACES TO VISIT/FOOD/ATTRACTION
Biasa saya minta semua peserta list down mau kemana, mau makan apa. Terus saya breakdown per area. Mana yang bisa dijadikan satu, mana yang ngga, mana yang harus di eliminate. Lihat rating di #tripadvisor #lonelyplanet dan blog-blog traveler. Lihat juga kapasitas peserta, apa ada ortu/baby yang butuh rest?

📌 CREATE ITINERARY

Again, saya bikin di excel/google docs dan saya share dengan semua peserta. Kategorinya : date, day, location, activities, address, how to get there (iya saya sampe catet naik train apa, bus no brp), where to eat, remarks (buat harga tiket masuk/jam operasional)

📌LIST DOWN PACKING LIST
Dari beberapa kali pengalaman, JANGAN OVERPACKING. Selain karena bagasi terbatas, berat bebawaannya loh kalo harus pindah-pindah turun naik public transpot, lebih sering ga kepakainya. Belum lagi disana juga kita bisa beli kok. Kecuali kayak nutrini sammy nih yang ga bisa diganggu gugat. Pikirin juga space koper kalau mau belanja-belanja disana. Biasanya saya Cuma bawa baju setengah dari jumlah hari karena disana saya mau beli baju atau tinggal cuci saja. Saya mulai packing H-14. Yes karena saya packing buat saya, Sammy dan suami.

📌 LIST DOWN PIC
Biasa saya bagi tugas, saat di negara tujuan, siapa yang handle check in flights/hotel, siapa yang handle foods choices, siapa yang pegang map, termasuk siapa yang bawa koper yang mana 🤣

Nah, kurang lebih begitu ya preparation saya. Selama ini semua lancar jaya karena saya well prepared. Contingency Plan selalu disiapkan. Selain well prep, traveling itu harus bisa FLEXIBLE. Detailsnya saya post di Instagram highlight ya.
.
Happy traveling!

Cheers,

Mommy Sammy