Dulu waktu hamil Sammy saya pernah ditawarkan test NIPT (Non-Invasive Prenatal Test) oleh Cordlife, waktu itu dokter kandungan yang saya datangi pertama kali (yang juga obgyn waktu mami saya hamil saya), bilang kalau beliau juga bisa mengirimkan sample darah ke koleganya di Amerika dan hasil keluar dalam dua minggu. Namun beliau bilang,’terus kalau you sudah tau ada kelainan, mau you apakan?’ (kebetulan beliau anti aborsi). Jadi saat itu saya dan suami membatalkan untuk test NIPT.

Di kehamilan kali ini, saya tahu resiko anak ini cukup tinggi dikarenakan banyak zat-zat berbahaya yang masuk ke tubuh saya dan bisa membahayakan perkembangan janin. Saya dan suami pun sepakat, kalau sampai ada sesuatu yang fatal terjadi setelah test NIPT, kami akan terminate kehamilan ini. Di Indonesia, ada beberapa rumah sakit dan dokter (asli ya bukan abal-abal) yang mau menerima terminasi kehamilan KALAU ada bukti medis yang membuktikan kehamilan ini tidak dapat dilanjutkan.

Siapa providernya? Sebenarnya banyak sih yang bisa provide test ini, tapi saya memilih Cordlife. Simply karena di paket lengkap mereka, ada total 60 micro-deletion chromosome yang dicek, sedangkan di competitor yang sedang hits (FV) hanya 20 yang ditest. Lalu dari segi jam terbang, cordlife sudah lebih senior. Terakhir, servicenya. Servicenya cordlife amat sangat profesional, unlike FV yang baru tanya-tanya di whatsapp aja jawabnya sengak banget dan langsung suruh transfer. Berhubung harga sama, tapi lebih senior dan lebih lengkap cordlife , saya jadi memutuskan untuk ambil cordlife. But anyway, it’s just my personal opinion.

Additional cover dari Cordlife yang ga ada di competitor F? (p.s : semua $ dalam SGD ya) Saya copas saja dari cordlifenya ya.

  1. Jika hasil nya dinyatakan high risk/positive case. Mungkin ada sebagian orangtua yang menerima keadaan, ada juga yang penasaran. Jika hendak melakukan pengecekan lanjutan, bisa melakukan tes konfirmatori berupa amniocintesis atau CVS. Kami akan berikan dana sebesar 380$ utk single baby, atau 600$ apabila twin baby. sifatnya reimburse.
  2. False negative (hasil salah) kejadian dimana hasil di kertas itu negatif, sedangkan realitanya positif. Jika pihak keluarga memutuskan utk men-terminate si baby sblm lahir, kami akan berikan 3000$. Namun apabila sudah lahir, tim dokter melihat ini kelainan kromosom, kami akan berikan 60.000$ sebagai pertanggung jawaban

Nah, sebelumnya apa sih NIPT itu? NIPT atau tes pra-persalinan non-invasif adalah jenis tes darah yang akurat yang digunakan untuk screening kelainan kromosom. Contoh kelainan kromosom yang umum terjadi itu seperti Down Syndrome, Edward Syndrome, Patau Syndrome, Turner Syndrome dan masih banyak kelainan kromosom lain. Hasil dari NIPT ini akurat dan tidak akan berubah sampai nanti kelahiran karena DNA si anak tidak akan berubah. Jujur kelainan kromosom ini sesuatu yang sangat serius, karena bisa mengurangi kualitas hidup si anak apabila sampai dilahirkan, bisa juga keluarga ga siap dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan, dan lain sebagainya. Jadi, apapun keputusannya (keep atau terminate), kalau orangtua sudah tahu lebih dini, tindakan preventive dan solusi akan lebih bisa dipersiapkan lebih awal.

Cara testnya gimana? Jadi di kehamilan usia 10 minggu (minimal 10 minggu ya), darah si ibu akan diambil sebanyak 1 tabung. Nah, seiring dengan perkembangan janin selama masa kehamilan, DNA bayi (atau yang disebut cfDNA) akan masuk ke dalam sirkulasi darah si ibu melalui plasenta. Semakin tua usia kehamilan, cfDNA si bayi yang ada didalam darah si ibu akan semakin banyak. Di test saya kemarin ada sekitar 9% cfDNA bayi saya didalam darah saya.

Prosesnya gimana?

  • Deal dengan salesnya untuk tanggal pengambilan sample darah
  • Sales dan nurse akan datang ke rumah (yes ini home service ya, ga harus ke RS) untuk ambil sample darah. Ga perlu puasa dulu
  • Sample akan dikirim ke lab BGI di Hongkong
  • Hasil softcopy akan diemail langsung ke obgyn yang menangani dan ke si ibu

Siapa yang disarankan untuk mengambil test ini?

  • wanita hamil yang berusia 35 tahun ke atas
  • yang ada kerabat/family yang punya sejarah kelainan syndrome
  • yang punya high-risk pregnancy

Apa saja yang bisa dideteksi lewat test NIPT? Saya copas aja picture dari cordlife.

perbedaan paket basic dan lengkap
tambahan 52 micro-deletion yang dicek kalau ambil paket lengkap

HARGA? ini yang paling ditunggu para ibu-ibu ya ^^

  • paket basic : IDR 7,575,000
  • paket lengkap : IDR 10,680,000 (saya ambil yang ini)

Contoh hasilnya kayak gimana? Jangan shock yah kalau hasilnya cuma 3 lembar. Kalau FV hasilnya bisa berlembar-lembar ditulis satu-satu chromosom 1, chromosom 2, etc (low risk atau ga). Kalau di cordlife, selain dari 6 trisomi dan 4 seks kromosom, kalau memang tidak terdeteksi ayny of 60 microdeletion maka hanya akan distate ‘not detected’ (lihat PAGE 2 di hasil NIPY saya). Kalau amit-amit terdeteksi ada diantara 60 microdeletion itu akan ditulis microdeletion mana yang terdeteksi. Oh ya, jangan kaget ya kalau tulisannya nanti hanya low risk atau bukan, karena ga ada satu NIPT pun yang berani state NO, karena faktor sial 0,0000000001% akan tetap ada kan.

Nah, jadi gender dedenya Sammy sudah tau kan ya? 😀 yes, we are having a baby girl ^^ Oh ya, intermezzo aja, Sammy itu entah instingnya kuat atau gimana, pada saat saya tahu saya hamil, setiap saya dan semua orang tanya ‘dedenya sammy cewe apa cowo?’, dia selalu jawab CEWEK. Dan ternyata terbukti benar ^^ Update mengenai kehamilan kedua saya ini bisa dicek di highlight instagram story saya ya.

P.S: yang butuh contact person cordlife NIPT : Jonathan +6287700017008

Cheers,

Mommy Sammy