Ga terasa kehamilan saya kali ini sudah masuk minggu ke-30, dimana saya sudah harus memutuskan mau melahirkan dengan siapa dan dimana. Sama seperti kehamilan yang pertama, biasanya dari trimester pertama sampai masuk trimester ketiga, saya pegang dua OBGYN. Buat apa sih sampai pegang dua OBGYN :

  1. Back up kalau yang satu berhalangan
  2. Second opinion kalau ada diagnosa yang diragukan

Dari dua OBGYN ini biasa di usia kandungan 28 minggu saya sudah memutuskan mau melahirkan sama siapa. Tapi kali ini sungguh saya benar-benar galau. Di satu sisi saya sregnya lahiran dengan OBGYN yang dulu, tapi saya benar-benar ga suka dengan Rumah Sakitnya yang mana suster-susternya mayoritas judes dan galak, terus saya kurang nyaman dengan fasilitasnya dengan harga yang mereka patok. Nah, berhubung sekarang ini saya sudah ada Sammy, dimana anaknya ga bisa lepas dari saya, jadi saya cari Rumah Sakit yang bisa nyaman untuk Sammy ikut menginap.

Long story short, ada tiga Rumah Sakit yang saya consider untuk tempat melahirkan anak saya yang kedua. Berikut perkiraan biaya melahirkan tahun 2019 ya, karena untuk harga tahun 2020 belum diupdate, tapi kisaran kenaikan 10%.

RUMAH SAKIT PANTAI INDAH KAPUK (PIK)
Persalinan Normal (termasuk biaya bayi)

Eksekutif 25 juta
SVIP 23 juta
VIP 21 juta
Kelas I Utama 19 juta
Kelas I 15.5 juta
Kelas II 13.5 juta
Kelas III 11 juta

Persalinan Caesar (all in, termasuk biaya bayi, Caesar pertama, tanpa komplikasi)
Eksekutif 51.8 juta
SVIP 45.3 juta
VIP 42.5 juta
Kelas I Utama 35.5 juta
Kelas I 30 juta
Kelas II 22.5 juta
Kelas III 19.5 juta

Tambahan biaya dari pricelist diatas :
– Caesar ke-2 dan seterusnya BILA ADA PENYULIT plus 10-15%
– Operasi dadakan/cito 15-20%

RUMAH SAKIT GRAND FAMILY PIK
Untuk informasi, di grand family PIK untuk kamar VIP ke atas harga di pricelist sudah termasuk newborn photography dari AXIOO BABY. Jadi nanti hasilnya dapat 2 foto baby for free.

Persalinan Normal Grand Family PIK 2019

Persalinan Sectio Grand Family PIK 2019

RUMAH SAKIT PONDOK INDAH (PURI INDAH)
Untuk informasi, di grand family PIK untuk kamar VIP ke atas harga di pricelist sudah termasuk newborn photography dari AXIOO BABY dan paket dari L’occitane untuk ibunya.

Nah, pricelist yang tertera dibawah ini belum termasuk :
– biaya administrasi sekitar 2.5%
– biaya obat-obatan (termasuk ILA, epidural etc)
– biaya cito 20-25% dari pricelist

Jadi di RSPI Puri indah ini mereka ga punya breakdown lengkap seperti di grand family PIK. Yang kita tau segini all-in aja. Sebagai gambaran, teman saya melahirkan normal kelas VIP (2019) tanpa epidural itu total jenderal habis sekitar 25 jutaan.

Persalinan Normal dan Sectio RSPI puri indah 2019

Dari pengalaman melahirkan pertama kali, sebenarnya kurang lebih dari pricelist ditambah 10-15% lah kalau ga ada tindakan emergency. Nah, tips buat Moms yang mau tanya pricelist ke Rumah Sakit, dipastikan kalian juga menanyakan biaya tambahan :
– kalau melahirkan antara jam 10 malam – 5 pagi
– kalau rooming in (ada beberapa rumah sakit yang kasih charge lagi)
– kalau memilih jam dan tanggal untuk proses melahirkan caesar

Nah sekian info biaya melahirkan di Rumah Sakit Grand Family PIK, RSPI Puri Indah dan RS PIK tahun 2019. Kalau ada update saya akan segera update di sini. Semoga bisa berguna ya.

Cheers,

Mommy Sammy