Drama tentang ASI ini biasanya yang paling ditakutkan sama ibu-ibu. Mulai dari takut ga keluar, cracking nipple sampai mastitis. Nah, dulu aku pernah share vitamin ASI apa aja yang aku minum waktu jaman mengASIhi Sammy sampai aku bisa donor ratusan kantong ASI. Vitamin ASI Aku buat Samantha ada yang sebagian berbeda ya dari waktu jaman Sammy. Buat yang mau tau vitamin ASI waktu jaman Sammy, bisa cek di blog post aku yang ini ya.
 
Di kehamilan kedua, aku sudah minum 1 jenis booster dari kehamilan 37 weeks. Hasilnya : kolustrum sudah keluar dari sebelum lahiran dan pas lahiran, IMD langsung keluar kolustrum dan Samantha bisa langsung nyusu. Sayangnya kolustrumnya disuruh buang sama dokter karena ditakutkan ga steril.

Pas baru habis lahiran, kebanyakan ibu-ibu baru bisa keluar 1-2 tetes saja dan ITU SANGAT WAJAR. Jadi jangan kecil hati, jangan stress. ASI pasti keluar kok kecuali ada kondisi medis tertentu ya. Aku akan share perjalanan mengASIhi aku di blog post lain ya. Disini aku share dulu booster ASI yang pengaruh banget di aku, dimana 1 bulan setelah lahiran aku sudah bisa produksi 1L ASI sehari. Berikut list aku :

🤱🏼YOUNG LIVING OIL FENNEL
Ini aku pake untuk pijat asi, dioleskan sekitar payudara mulai 2 hari sebelum lahiran, dan terus menerus selama 1-2 bulan setelah lahiran sampai produksi lancer dan steady. Wanginya enak loh mirip minyak telon. Pakainya juga irit karena di dilute. (for order bisa japri ke aku via IG)

🤱🏼PINKSTORK TRUE MILK
Ini vitamin ASI yang pengaruh banget, efeknya keliatan dalam 1-2 hari. Aku beli lewat amazon. Aku hampir ga nemu ibu-ibu Indonesia yang pakai vitamin ASI ini, padahal di US ini terkenal bgt. Sehari minum 2 caps. Harga sebotol tahun 2019 akhir itu 350ribuan.

Beli Bangau Merah Muda - Dukungan Menyusui Susu Sejati - 60 Kapsul ...



🤱🏼HERBS OF GOLD
Aku minum cuma sehari 1x, kalau pas aku lagi kurang makan sayur ijo. Ini untuk meningkatkan quantity tapi tidak untuk mengentalkan. Hati-hati ya karena kandungan fenugreek tinggi, jadi baby rawan kembung/colic. Harga sekitar 280ribuan

Jual Herbs of Gold Breastfeeding Support [60 Caps] Online Juli ...

🤱🏼 BLACKMORES PREGNANCY GOLD AUSSIE
Bukan versi indo ya (yang versi indo ada segitiga hijau di kanan bawah), rasanya beda dan hasilnya di aku beda. Ini buat QUALITY ASI, jadi mengentalkan iya. Minum sehari 2 caps. Harga sekitar 500ribuan yang isi 180 caps.

Jual Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold Mini Pack 30kapsul ...

🤱🏼JUS BANGUN-BANGUN
Nah ini dia si jagoan yang menurutku paling jos dan berjasa. Awal mula ketemu ini karena aku mau beli vitamin ASI legendairy milk, pas aku baca ingredientsnya ternyata isinya DAUN TORBANGUN, dimana daun ini dipakai sama ibu-ibu batak untuk banyakin ASI (kayak katuk lah ya). Jadi aku pikir daripada aku beli si legendairy harga bisa 900rb, mending coba cari online jus bangun-bangun. Eh ketemu di shopee (id nya angsa_collections). Dan…rasanya enak!

Aku minum sehari 1x 300mk dari week 37 kehamilan, dan sehari 3x (@300ml) pas sudah lahiran. Bener-bener banjir jir ASInya. Udah murah, rasanya enak kayak lychee tea (fave aku yg lychee flavor), terus ASI banjir. So, I’m not joking, coba google tentang daun torbangun dan give it a try.

🤱🏼SUNFLOWER LECITHIN LEGENDAIRY MILK
Nah ini produknya legendairy milk, aku lupa foto. Awalnya dikasih sama temenku, dia bilang ini bisa buat hempaskan grenjelan dan clogged duct. Setiap menyusui tuh aku sering telat-telat pumping karena aku urus anak sendiri, jadi grenjelan sering muncuk. Nah, lagi corona gini susah kan manggil ibu pijet buat hilangin grenjelan, akhirnya aku coba minum ini, dan…PLONG! Aku minum sehari 2 caps kalo buat maintenance. Kalo lagi clogged duct minum sehari 4 caps

Amazon.com: Legendairy Milk® Sunflower Lecithin, 1200mg of Organic ...

Nah diluar booster-booster yang aku sebut diatas, standard yang lain yang aku konsumsi :
– Bubur kacang ijo 2 mangkok sehari
– Sayur katuk 1 mangkok sehari
– Teh daun kelor 800ml sehari (daunnya aku tanam sendiri dan keringin)
– Air putih minum min 4L sehari (ini penting banget, kudu wajib harus)
– Ayam kampung sehari 1 ekor (dimasak jahe atau sop)

4 hari pertama di RS aku ga pumping, tapi full DBF samantha. Kebutuhan ASI ga cukup pastinya, jadi top up pake ASIP adikku yang lahirannya cuma beda 2 bulan sm aku. Samantha minumnya agak wow, jadi aku kejar-kejaranan. Bisa dilihat dari foto dibawah ini, naik dikit-dikit ya day by day. Aku baru bisa nyetok sehari 180ml di hari ke-13. Dan sekarang di minggu ke-3 sejak Samantha lahir, aku bisa stock 500 ml sehari. Per blog ini ditulis dimana Samantha sudah usia 4 bulan, aku produksi 2L ASI sehari, diluar yang Samantha DBF langsung.

Pumping aku per 2 jam, DBF on demand, anytime samantha mau nen, aku kasih. Anytime dia mau ngempeng nen, aku kasih. Inget SUPPLY-DEMAND ya. TAPI, inget juga, JANGAN OVERSUPPLY. Dulu waktu mengASIhi Sammy tuh aku oversupply, sehari bisa produksi 2.5L ASIP (diluar yang sammy nen langsung), dan amit kesiksa banget, SUAKIT BANGET rasanya kalau telat pump sebentar aja. Aku ga mau kayak gitu lagi. Kali ini aku mau ASIku cukup aja buat Samantha, akupun ga ngoyo harus ASI berapa lama karena kalaupun harus sufor, SUFOR BUKAN RACUN. Kondisi sekarang aku harus bagi waktu sama anakku yang pertama, harus masak dan urus suamiku, jadi aku butuh KEWARASAN HQQ.

Kesimpulannya kalau disuru pilih 3 booster ASI, aku akan pilih : PINK STORK, JUS BANGUN-BANGUN, SUNFLOWER LECITHIN. Semoga sharingnya berguna ya ❤️

Cheers,

Mommy of Two Sams