Melanjutkan pembahasan mengenai colic yang terjadi pada baby. Di post ini saya akan share cara yang saya gunakan untuk meredakan colic Sammy waktu itu.

Left to right :
🔹 bawang merah + daun sirih : caranya, bawang merah ditumbuk dicampur dengan minyak telon. Daun sirihnya dipanggang sebentar di teflon pakai minyak kelapa, dengan api kecil banget, supaya jadi layu dan hangat. Balur campuran bawang dan minyak telon diatas pusar dan sekitarnya, lalu tutup dengan daun sirih. Ganti per 3 jam.


🔹 daun jarak : daun jarak dioleskan minyak kelapa (minyak kelapanya homemade ya ini), lalu dipanggang sampai layu di teflon dengan api kecil. Taruh diatas pusar perut dan diganti kalau sudah kering (benar-benar kering kayak keripik nanti), sekitar 1 jam.


🔹 gripe water : ini gripe water yang saya juga jg wkt kecil, rasanya manis. Saya kasih ke Sammy dua kali sehari, pagi dan sore setiap habis nenen. Sekali minum takarannya 5mL, dan saya pakai spuit atau pipet. Karena terlalu manis, Sammy sering tersedak, jadi kalau bisa kasihnya sedikit-sedikit ya.

So far, local remedies ini yang paling berpengaruh di Sammy diluar cara saya yang lain seperti memeluk dan memijat. Semoga bisa membantu 😊

 

Cheers,

Mommy Sammy