As requested by many of you, this post will thoroughly guide you to apply Chinese Visa on your own, without agent. From my own experience, it’s the easiest and fastest visa I managed to apply for my family by myself. I will write this post in Bahasa Indonesia and post the English good soon.

Dari pengalamanku mengurus visa sendiri, ternyata mengurus visa China jadi salah satu yang paling ga ribet dan paling cepat. Karena liburan term 2 kali ini kami berencana buat liburan ke Shanghai, Visa China pastinya jadi salah satu syarat buat traveling ke China.

Proses pengajuan visa China di visa center-nya pun sat set banget, sangat cepat. Jadi pas datang itu kita tepat di jam buka, dan antrian di depan kita ada 15 orang, dan pas kita selesai di cek dokumen di loket pertama, semua orang yang antri di depan kita sudah hilang dari ruangan >.< secepat itu mereka kerjanya.

Dan surprisingly, proses pengajuan visa China cuma 40 menit (including fotokopi dokumen kita yang kelupaan bawa, mereka ada sediakan mesin fotokopi berbayar, laptop dan printer free) dimana itu udah termasuk bayar. Setelah 5 hari, visa China kami pun sudah granted, kami pick-up di visa center dengan validity 30 days berlaku sampai 3 bulan sejak tanggal pengajuan visa.

Tahap persiapannya bener-bener cuma dua hari :
– Day 1 : kumpulin dokumen dan foto
– Day 2 : isi application form dan print application form

1. Dokumen Yang Diperlukan

  • Passport
    Masa berlaku minimal 6 bulan
  • Foto (perlu versi digital untuk di upload di application form)
    Ukuran 43mm x 38mm, background putih, GA BOLEH pakai aksesoris rambut (hijab ok), seluruh muka terlihat (alis dan telinga terlihat) karena kemarin poni Sasa turun nutupin dahinya jadi ga lolos pas upload di application form
  • Printed Application Form yang sudah diisi
    Jangan di staples
  • Tiket pesawat dan hotel
    Tiket pesawat posisinya sudah harus dibeli ya, tapi hotel kemarin aku book disini, jadi masih bisa dicancel free sampai tanggal tertentu kalau mau pindah hotel.
  • Itinerary selama di China
    Ini aku bikin di excel, bisa download rough itinerary aku di Shanghai buat jadi guide (at the end of this post)
  • FOTOCOPY akta lahir (untuk anak)
  • FOTOCOPY passport
    Hanya di halaman yang ada foto dan halaman visa yang sedang berlaku. Karena aku sekeluarga tinggal di Thailand, jadi aku sertakan fotocopy halaman visa Thailand.
  • FOTOCOPY visa China sebelumnya
    Kalau pernah ke China dan visa tersebutada di passport yang kamu sertakan. Karena suamiku pernah ke China 15 tahun lalu tapi visa China ga ada di passport yang di submit, jadi ya udah ga usah disertakan
  • FOTOCOPY akta nikah (kalau bawa anak)
  • Foto (bentuk fisik)
    Ini ga diminta sih, tapi kalau foto di application form ditolak system 3x, harus bawa foto fisiknya.

2. Application Form

Untuk pengisian application form bisa visit ke website ini ( buat yang tinggal di Jakarta) atau ke sini (buat yang tinggal di Thailand).

Websitenya tertera di foto di atas. Setelah itu pastikan lokasinya sesuai domisili kamu tinggal (point no 1), karena aku di Bangkok, jadi location-nya otomatis langsung tertera “Bangkok”. Lalu lanjutkan pengisian application form dengan klik “application form” (point no.2), pilih “as tourist” kalau memang tujuanmu buat liburan ya

TIPS MENGISI APPLICATION FORM

Sebenarnya pengisian form aplikasinya ga seribet pas isi buat visa USA sih. Tapi tetep aja makan waktu lumayan lama, karena data-data yang dibutuhkan konfirmasi lama, terutama bagian harus isi data passport orangtua kami (the grandparents, kakek-nenek). Jadi, selain yang aku jelaskan di bawah ini, isinya eksplisit sesuai pertanyaan di form ya.

  1. Bikin account dulu, 1 account aja cukup karena bisa buat banyak application form.
  2. Siapkan passport semua member yang akan pergi, anak-anak juga harus mengisi application form terpisah. Satu orang, satu application form
  3. Untuk anak-anak di bagian 3.1 (Occupation)
    Isi dengan student, kalau sudah sekolah. Atau isi dengan “unemployed”. Nanti tabel “work experience”-nya hilang.
  4. Untuk Ibu Rumah Tangga di bagian 3.1 (Occupation)
    Isi dengan “other” TAPI nanti tulis di kotak yang tersedia di “work experience” dengan housewife, tahunnya ditulis dari tahun kamu sejak jadi ibu rumah tangga. Karena kemarin aku isi dengan “unemployed”, walaupun aku specify “I am a housewife”, disuruh ganti
  5. Untuk Parents yang bekerja di bagian 3.1(Occupation)
    Semua work experience 5 tahun terakhir harus diisi, dari yang paling recent. Nomor kontak supervisor di tempat kerja yang dulu (kalau beda office) pun juga harus dilampirkan.
  6. Family Information
    Disini perlu data passport orangtua kamu (yes the grandparents).
  7. Bagian “intended trip” (point no.6.1)
    Semua diisi kecuali bagian yang ga ditandai, seperti nomor flight arrival dan departure, kosongin boleh
  8. Emergency Contact (point no 6.3)
    Aku isi dengan contact suamiku, dan suamiku isi dengan contact aku. Untuk anak-anak, aku isi dengan data aku
  9. Who will pay (point no 6.4)
    Karena yang bayar suamiku, jadi buat application form aku dan anak-anak, aku isi “others”, dan isi aja data suamiku. Tapi bagian suamiku ya diisi dengan “self”
  10. Travel companion (point no 6.5A)
    Ini maksudnya kalau ada orang yang SHARING THE SAME PASSPORT with you. Biasa dulu kan kalau baby masih jadi satu passport sama ibunya. Jadi aku centang “no”
  11. Have you been to China (point no 7.1)
    Kalo emang kamu pernah ke China, answer with yes. Sadly, kamu harus tulis lengkap semua data kapan visa China kamu granted. Suamiku 15 taun lalu pergi ke China, tapi dia lupa karena visa China dia ya di passport yang udah mati, dia pick asal tanggal visa China granted, oke-oke aja sih -.-“
  12. Signature of Application (point no 9.2)
    Karena semua application form aku yang isi, jadi aku tulis data aku di point 9.2 buat semua application form (my kids and my husband).
  13. Untuk application form anak-anak, di semua di point 9.1, yang tanda tangan HARUS KEDUA ORANG TUA, tapi tulis tangan nama anaknya.
  14. Kalau ada data yang masih ragu atau lupa, save aja dulu, bisa diisi lagi nanti. Tinggal login aja ke websitenya dan masukkan data account kamu. JANGAN bikin ulang application formnya, karena application form yang “sedang diisi” statusnya akan ada di account kamu.

3. Datang ke Kantor Pengajuan Visa China

Ingat ya, datangnya BUKAN ke kedutaan besar China T.T kemarin pas order grabcar, suamiku pesan ke kedutaan besar China, untung aku nanya pas baru masuk mobil. Again, berhubung aku tinggal di Bangkok, jadi aku cuma bisa jelaskan kondisi Di Kantor Pengajuan Visa China versi Thailand ya, berikut alurnya :
– datang pagi 15 menit sebelum jam buka untuk ambil nomor antrian, karena sekarang sudah tidak bisa bikin appointment online.
– setelah antri, di loket pertama dokumen dan application form yang sudah diisi akan dicek, kalau ada yang kurang, masih bisa revisi atau fotokopi berbayar disana. Printer dan laptopo juga disediakan. Setelah dokumen semua lengkap, dapat nomor antrian.
– di loket kedua, semua data akan dicek ulang dan diinput ke system. Ga ada pertanyaan apapun, kalau ada yang perlu klarifikasi baru akan ditanya. Waktu itu aku disuruh ganti bagian “occupation” dari unemployed jadi others, lalu di work experience diisi dengan housewife, seperti yang aku sudah jelaskan di tahap pengisian form aplikasi.
– Setelah input ke system, selesai dan dapat nomor antrian lagi untuk bayar. Ga ada 10 menit sudah dipanggil untuk bayar.

Untuk Indonesia :
– Jakarta: Unit 07-12, 8th Floor East Building Jl, DR Ide Anak Agung Gde Agung Blok E.3.2  Kav 1 South Jakarta 12950.
– Medan: Royal Condominium Tower B, 2nd, Palang Merah-Sukamulia No.1 Kelurahan Medan Aur, Medan, Sumatera Utara, 20151.
– Surabaya: SPAZIO – 502 Kompleks Graha Festival Kav No.3, Jalan Mayjend Yono Soewoyo Graha Famili, Surabaya.
– Denpasar: Jl By Pass Ngurah Rai NO.165 Sanur Denpasar Selatan Kota Denpasar Bali, (Grand Palace Hotel).

Business Hours :
Monday – Friday
Application Submission ( Regular / Express ):  9:00 — 15:00       
Payment and Passport Collection:  9:00 — 16:00
Express Passport Collection:  14:00 – 16:00
The Center is closed on Saturdays, Sundays and public holidays.

Untuk Bangkok :
5th Floor,1550 Thanapoom Tower,New Phetchaburi Road, Makkasan,Bangkok,10400

Business Hours:
Monday-Friday,Closed on Saturdays, Sundays and Public Holidays.
Submission of applications: 9:00 to 15:00.
Payment and collection: 9:00 to 16:00.

4. Visa Fee

Biaya pembuatan visa beragam ya bisa dicek di website masing-masing. Semua bergantung dari :
– prosesnya mau standard atau ekspress
– single entry atau double atau multiple entry

Aku bikin STANDARD proses dan SINGLE ENTRY, total buat berempat itu 6,160 baht (sekitar 2,750,000 IDR). Oh ya, mereka minta bayar CASH ya. Aku ga tau gimana di Indonesia, tapi di Bangkok kemarin ini mereka bahkan ga terima debit card untuk EDC atau scan QRcode, jadi harus real money cash.

5. FAQ

  1. Anak-anak perlu ikut ngga?
    Ngga.
  2. Persyaratan foto apa?
    Sistem di application form cukup strict ya, jadi pastikan ukurannya EXACT tepat 33mm x 48mm, background putih, ga pakai kacamata, perhiasan, jepit rambut, alis dan telinga terlihat.
  3. Perlu rekening koran bank atau buku tabungan atau bukti financial lain?
    Aku sama sekali ngga bawa, dan di syarat dokumen visa pun ngga diminta. Tapi ada work permit suamiku dari pemerintah Thailand, yang bikin mereka juga mikir, ngga mungkin kami akan jadi imigran gelap disana karena kami ada ongoing visa tinggal di Thailand sebagai resident dan work permit suamiku >.< Jadi, surat keterangan dari kantor tempat kerja, bisa dijadikan dokumen tambahan.
  4. Minimal berapa hari sebelum berangkat ke China, harus sudah mengajukan visa China?
    Disarankan 1 bulan sebelum sampai 2 minggu sebelumnya sudah apply, karena menghindari dokumen yang menumpuk yang mereka harus urus juga kan
  5. Mending ambil jalur STANDARD atau EKSPRES?
    Tergantung kapan kamu mengajukannya, mereka prosesnya on-time kok, kemarin aku 4 hari kerja teng, sudah jadi semua visanya dan bisa di pick-up. Jadi, kalau kamu ajukan jauh-jauh hari, jalur standard aja, save money hehehe
  6. Tiket pesawat harus punya ya?
    YES! Negara lain ga ada yang minta, aku bikin visa US dan schengen pun ga ada yang minta tiket pesawat, tapi ini minta bukti tiket pesawat sudah BOOKED. Dan, di print juga ya e-ticketnya.
  7. Kalo hotel, harus udah booking juga?
    PRINT bukti bookingan hotel akan diminta, tapi kalo hotel kan banyak yang bisa book terus cancel later, siapa tau mau pindah hotel gitu kan, cuma perlu hotel asal dulu buat mempercepat proses.
  8. Kalau direject, visa fee hangus?
    YES
  9. Visa harus ambil sendiri atau bisa dikirim?
    Ada pilihannya waktu mau isi application form. Kalau kalian tinggal di kota yang ga ada visa center, bisa pakai opsi kirim.

Gampang kan? Yes, I know bagian isi application form terlihat menyeramkan, but trust me, ga ada yang lebih menyeramkan dari isi visa USA 😀 China sepertinya lagi mau menarik banyak turis ke negaranya, jadi mereka lebih longgar juga mengenai aturan visa ini, bahkan untuk Thai citizen dikasih free visa loh.

I will post about my Shanghai trip in other post. Until then!

mommysammy

Similar Posts